BAB
V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan
penelitian tentang “Optimalisasi manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Pagimana Kabupaten
Banggai”, maka peneliti dapat mengambil beberapa poin penting untuk jadikan
kesimpulan penelitian, yaitu:
1.
Upaya guru Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 5 Pagimana untuk mengoptimalkan manajemen kelas dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah efektif sesuai tujuan yang
diharapkan, hanya saja kendalanya berada pada kurangnya ketersediaan sarana dan
prasarana yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMP Negeri 5 Pagimana.
2.
Kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dari
semua masalah-masalah dalam manajemen kelas adalah guru kurang menguasai metode-metode pembelajaran, kurangnya
fasilitas atau alat yang dapat mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam,
sehingga siswa jenuh dan bosan karena guru hanya menggunakan satu gaya mengajar
yang monoton. Sehingga pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5
Pagimana Kabupaten Banggai belum sepenuhnya tercapai dengan baik.
Solusi yang dapat diberikan yaitu; Guru
harus memiliki kemampuan dan memahami dalam menggunakan macam-macam pendekatan
dalam manajemen kelas, meskipun tidak semua pendekatan yang dipahami dan
dimilikinya dipergunakan bersamaan atau sekailgus; Guru harus
terampil menggunakan berbagai macam metode pembelajaran, sehingga siswa tidak
bosan dalam belajar, guru juga dapat memanfaatkan media pembelajaran jika itu
perlu; Guru juga harus memahami kondisi fisik, sosial-emosional, dan
pengorganisasian, sehingga proses belajar mengajar akan efektif dan berjalan
sesuai tujuan yang diharapkan.
B. Implikasi
Bagi
seluruh komponen guru di lembaga pendidikan formal, baik itu tenaga pendidik
dan kependidikan yang ada di SMP Negeri 5 Pagimana Kabupaten Banggai hendaknya
meningkatkan sarana dan prasarana sekolah agar siswa tetap termotivasi dalam
belajar khususnya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Di
masa yang akan datang, diharapkan sistem manajemen kelas di SMP Negeri 5
Pagimana Kabupaten Banggai agar lebih ditingkatkan lagi. Perkembangan
pembelajaran di dunia global semakin pesat. Oleh karena itu, guru kelas
diwajibkan untuk memiliki kompetensi khusus dalam menerapkan manajemen kelas
agar suasana belajar menjadi menyenangkan,
efektif dan efisien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar