Blogger Widgets

counters

Jumat, 27 Februari 2015

BAB V PENUTUP



BAB V
PENUTUP

A.       Kesimpulan
Berdasarkan penelitian tentang “Optimalisasi manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Pagimana Kabupaten Banggai”, maka peneliti dapat mengambil beberapa poin penting untuk jadikan kesimpulan penelitian, yaitu:
1.        Upaya guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Pagimana untuk mengoptimalkan manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah efektif sesuai tujuan yang diharapkan, hanya saja kendalanya berada pada kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Pagimana.
2.        Kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dari semua masalah-masalah dalam manajemen kelas adalah guru kurang menguasai  metode-metode pembelajaran, kurangnya fasilitas atau alat yang dapat mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga siswa jenuh dan bosan karena guru hanya menggunakan satu gaya mengajar yang monoton. Sehingga pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Pagimana Kabupaten Banggai belum sepenuhnya tercapai dengan baik.
Solusi yang dapat diberikan yaitu;    Guru harus memiliki kemampuan dan memahami dalam menggunakan macam-macam pendekatan dalam manajemen kelas, meskipun tidak semua pendekatan yang dipahami dan dimilikinya dipergunakan bersamaan atau sekailgus; Guru harus terampil menggunakan berbagai macam metode pembelajaran, sehingga siswa tidak bosan dalam belajar, guru juga dapat memanfaatkan media pembelajaran jika itu perlu; Guru juga harus memahami kondisi fisik, sosial-emosional, dan pengorganisasian, sehingga proses belajar mengajar akan efektif dan berjalan sesuai tujuan yang diharapkan.

B.  Implikasi
Bagi seluruh komponen guru di lembaga pendidikan formal, baik itu tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di SMP Negeri 5 Pagimana Kabupaten Banggai hendaknya meningkatkan sarana dan prasarana sekolah agar siswa tetap termotivasi dalam belajar khususnya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Di masa yang akan datang, diharapkan sistem manajemen kelas di SMP Negeri 5 Pagimana Kabupaten Banggai agar lebih ditingkatkan lagi. Perkembangan pembelajaran di dunia global semakin pesat. Oleh karena itu, guru kelas diwajibkan untuk memiliki kompetensi khusus dalam menerapkan manajemen kelas agar suasana belajar  menjadi menyenangkan, efektif dan efisien.

Tidak ada komentar: