ABSTRAK
Nama
Peneliti
NIM
Judul
Skripsi
|
: MARDIA MANEKA
: 10.1.01.0031
: OPTIMALISASI
MANAJEMEN KELAS KELAS DALAM
MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5
PAGIMANA KABUPATEN BANGGAI
|
Skripsi ini berkenaan dengan “Optimalisasi Manajemen Kelas Dalam
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5
Pagimana Kabupaten Banggai”. Berkenaan dengan hal tersebut, uraian dalam
skripsi ini berangkat dari masalah Bagaimana upaya guru mengoptimalkan manajemen kelas dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan kendala yang dihadapi guru dalam
mengoptimalkan manajemen kelas serta
solusi yang tepat untuk menjadikan manajemen kelas lebih optimal di SMP
Negeri 5 Pagimana Kabupaten
Banggai.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana upaya guru
mengoptimalkan manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMP Negeri 5 Pagimana,
dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengoptimalkan
manajemen kelas serta solusi yang tepat untuk menjadikan manajemen kelas lebih optimal.
Untuk menjawab masalah tersebut Peneliti menggunakan jenis penelitian
kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang Peneliti gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi
data atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru mengoptimalkan manajemen
kelas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Pagimana
Kabupaten Banggai telah berjalan maksimal, bahwa manajemen kelas begitu penting
diterapkan oleh guru Pendidikan Agama
Islam demi meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 5 Pagimana
Kabupaten Banggai. Akan tetapi masalah yang dihadapi dalam manajemen kelas
hanya bersumber dari individual dan kelompok, namun yang menjadi kendala dari
semua masalah yang terjadi dalam manajemen kelas adalah guru belum sepenuhnya
menguasai metode pembelajaran serta sarana dan prasarana yang kurang mendukung
tercapainya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun materi
Pendidikan Agama Islam yang dijadikan rujukan dalam penelitian ini adalah bahan
ajar kelas VII tentang Iman Kepada Allah swt, serta Shalat Berjamaah. Seperti siswa
dapat menyebutkan prilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat Asma’ul Husna serta dapat mempraktekan
tata cara shalat berjamaah.
Implikasi penelitian skripsi ini adalah: Manajemen kelas begitu penting diterapkan
dalam setiap proses pembelajaran, khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam
yang berada di SMP Negeri 5 Pagimana Kabupaten Banggai. Oleh karena itu,
mengingat betapa berperannya manajemen kelas dalam proses belajar mengajar maka
sangat dituntut kepada setiap tenaga pendidik dalam hal ini adalah guru
Pendidikan Agama Islam harus terus berupaya meningkatkan keprofesionalannya
dalam menerapkan manajemen kelas guna
peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar