Blogger Widgets

counters

Jumat, 27 Februari 2015

ABSTRAK



ABSTRAK

Nama Peneliti
NIM
Judul Skripsi
:  MARDIA MANEKA
:  10.1.01.0031
: OPTIMALISASI MANAJEMEN KELAS  KELAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5 PAGIMANA KABUPATEN BANGGAI

Skripsi ini berkenaan dengan “Optimalisasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Pagimana Kabupaten Banggai”. Berkenaan dengan hal tersebut, uraian dalam skripsi ini berangkat dari masalah  Bagaimana upaya guru mengoptimalkan manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan kendala yang dihadapi guru dalam mengoptimalkan manajemen  kelas serta solusi yang tepat untuk menjadikan manajemen kelas lebih optimal  di SMP    Negeri 5 Pagimana Kabupaten Banggai.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana upaya guru mengoptimalkan manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam                    di SMP Negeri 5 Pagimana, dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengoptimalkan manajemen kelas serta solusi yang tepat untuk menjadikan manajemen kelas lebih optimal.
Untuk menjawab masalah tersebut Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang Peneliti gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru mengoptimalkan manajemen kelas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Pagimana Kabupaten Banggai telah berjalan maksimal, bahwa manajemen kelas begitu penting diterapkan oleh  guru Pendidikan Agama Islam demi meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 5 Pagimana Kabupaten Banggai. Akan tetapi masalah yang dihadapi dalam manajemen kelas hanya bersumber dari individual dan kelompok, namun yang menjadi kendala dari semua masalah yang terjadi dalam manajemen kelas adalah guru belum sepenuhnya menguasai metode pembelajaran serta sarana dan prasarana yang kurang mendukung tercapainya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun materi Pendidikan Agama Islam yang dijadikan rujukan dalam penelitian ini adalah bahan ajar kelas VII tentang Iman Kepada Allah swt, serta Shalat Berjamaah. Seperti siswa dapat menyebutkan prilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat Asma’ul Husna serta dapat mempraktekan tata cara shalat berjamaah.
Implikasi penelitian skripsi ini adalah: Manajemen kelas begitu penting diterapkan dalam setiap proses pembelajaran, khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berada di SMP Negeri 5 Pagimana Kabupaten Banggai. Oleh karena itu, mengingat betapa berperannya manajemen kelas dalam proses belajar mengajar maka sangat dituntut kepada setiap tenaga pendidik dalam hal ini adalah guru Pendidikan Agama Islam harus terus berupaya meningkatkan keprofesionalannya dalam menerapkan  manajemen kelas guna peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Tidak ada komentar: